Bagaimana supaya SDM dengan latar belakang dan motivasi yang berbeda bisa bekerjasama dengan baik dalam sebuah organisasi sehingga dapat menciptakan sebuah organisasi yang sukses? Banyak penelitian telah dilakukan oleh para ahli Organizational Behavior untuk menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa individu-individu dalam sebuah organisasi dapat bekerja efektif apabila mereka memiliki nilai-nilai, tujuan yang sama dalam bekerja. Menurut para ahli, konflik seringkali terjadi karena adanya perbedaan antara nilai-nilai individu dengan nilai-nilai organisasi/perusahaan. Ketika individu dalam organisasi merasa bahwa nilai-nilai pribadi mereka sama atau selaras dengan nilai-nilai organisasi maka akan terwujud kepuasan, komitmen, kesuksesan dan tingkat turnover yang rendah.
Yang menjadi masalah bagi praktisi SDM adalah tidak mudah untuk mendapatkan SDM yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan nilai-nilai perusahaan, sehingga akhirnya menjadi tanggung jawab organisasi untuk membuat SDM yang ada dalam organisasi untuk mengikuti nilai-nilai perusahaan dan pada saat yang sama berusaha untuk dapat menciptakan program-program yang dapat mengakomodir nilai-nilai pribadi yang beragam. Beberapa program yang sering diterapkan untuk mengurangi konflik nilai-nilai antara lain career counseling, team building, flexible working hours.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar